Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks)

Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) – Rahim merupakan organ penting yang hanya di miliki oleh wanita, fungsi rahim sendiri untuk menampung janin yang akan menjadi bayi selama 9 bulan lamanya sehingga rahim merupakan bagian yang sangat penting dan sangat berharga oleh wanita. Sayangnya ada banyak masalah kesehatan pada rahim yang bisa terjadi seperti kanker. sel kanker bisa menyerang rahim sehingga kesehatan rahim terganggu, bagian rahim yang paling sering terserang oleh sel kanker adalah leher rahim. Leher rahim atau sering dikenal dengan serviksnya ini bisa terserang oleh virus sehingga memicu pertumbuhan sel kanker. kanker serviks termasuk penyakit berbahaya dan mematikan untuk wanita, tidak sedikit orang yang menderita penyakit kanker serviks juga. kanker rahim biasanya tidak diketahui sejak dini karena gejalanya yang sangat minim sehingga tidak bisa melakukan tindakan cepat. biasanya kanker rahim diketahui jika sudah mencapai stadium lanjut atau bahkan ketika sudah mencapai stadium akhir. Oleh sebab itu pemeriksaan kanker bisa perlu dilakukan.

Terjadinya penyakit kanker karena adanya infeksi virus HPV pada bagian selaput rahim dan kerongkongan serviks. Setelah infeksi terjadi dan tidak diketahui maka di bagian mulut rahim mulai tumbuh sel tidak normal atau prakanker lalu di lanjutkan dengan pertumbuhan sel kanker lama kelamaan. Sebenarnya ada banyak jenis virus HPV yang sering menyerang tubuh juga seperti yang paling sering virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin, tetapi jenis virus tersebut tidak memicu sel tidak normal dan untuk jenis virus HPV yang memicu kanker rahim adalah virus HPV tipe 16,18,31,33, dan tipe 45. Jadi apabila telah terinfeksi virus tersebut rentan untuk menderita kanker rahim.rahim

Meskipun penyebab kuat dari kanker rahim adalah infeksi virus HPV tetapi ada faktor lain yang bisa memicu terjadinya kanker rahim. Faktor risiko pemicu kanker bisa dari rokok secara aktif, tidak sedikit wanita yang merokok meskipun sudah diketahui bahwa rokok bisa mengganggu kesehatan bahkan memicu kanker. kanker rahim lebih rentan terjadi pada wanita yang merokok bahkan risikonya dua kali lipat dari wanita yang tidak merokok. selain itu, risiko untuk terjadinya penyakit kanker rahim pada wanita yang sudah pernah terinfeksi oleh virus hiv. terinfeksi virus hiv menyebabkan kekebalan tubuh tidak bisa mencegah infeksi jadi ketika ada virus HPV yang masuk tidak dapat dicegah.

Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks)

Kanker rahim berpotensi besar dialami pada wanita yang memiliki riwayat penyakit kanker rahim. Jika memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita kanker rahim maka risiko untuk mengalaminya pun lebih besar, seperti memiliki riwayat ibu, kakak perempuan kandung yang pernah menderita penyakit kanker rahim maka risikonya semakin besar untuk menderita penyakit yang sama. Selain itu juga wanita yang terlalu dini hamil pun memiliki risiko besar untuk menderita penyakit kanker rahim. Oleh sebab itu melakukan pemeriksaan Pap Smear untuk mendeteksi sel kanker sedini mungkin. Pemeriksaan tersebut biasanya sudah bisa dilakukan pada wanita yang aktif berhubungan seks.

Selain melakukan pap smear untuk mengetahui sel kanker di dalam rahim, cara untuk mengetahuinya juga bisa dengan Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) yang bisa dialami. ciri ciri kanker rahim yang bisa terjadi antara lain seperti dibawah ini :

  • Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) Pendarahan

Penderita kanker rahim memang sulit untuk menyadari sedini mungkin karena ciri ciri kanker rahim di tahap awal tidak terlalu jelas terlihat biasanya gejala akan muncul ketika stadium lanjut. ciri ciri kanker rahim yang bisa dialami salah satunya adalah terjadinya pendarahan. Pendarahan pada Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) terjadi pada saat bukan menstruasi atau di luar siklus menstruasi, bahkan bisa dialami oleh wanita yang tidak lagi muda atau sudah menopause yang jelas tidak menstruasi lagi. pendarahan juga bisa terjadi ketika setelah berhubungan seks, atau bisa juga ciri ciri kanker rahim menyebabkan periode menstruasi lebih panjang dari pada umumnya.

  • Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) Keputihan Tidak Normal

Ketika ada sel kanker pada rahim maka Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) yang bisa dialami juga adalah keluarnya cairan yang tidak normal. keputihan yang tidak normal yang bisa dikeluarkan antara lain bau tidak sedap atau bau busuk, vagina gatal, cairan keputihan berwarna tidak wajar yaitu kuning atau coklat yang kental.

  • Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) Sakit Pada Vagina

Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks) yang akan dialami juga oleh penderitanya adalah rasa sakit pada vagina terutama di saat buang air kecil atau juga bisa pada saat berhubungan seks.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan cepat agar pertumbuhan sel kanker tidak semakin pesat. Rangkaian pemeriksaan kanker rahim adalah pap smear atau mengambil cairan vagina, colposcopy, biopsi, tes penanda tumor SCC, dan pemeriksaan panggul. Jika setelah dinyatakan kanker rahim maka akan dilakukan pengobatan intensif untuk membunuh sel sel kanker yang ada di dalam leher rahim sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan lagi. (By:RM)

Ciri Ciri Kanker Rahim (Serviks)


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri Ciri Kanker Rahim and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.